Adab bangun tidur

Oleh Al-Imam Ghazali r.a

Apabila engkau bangun dari tidurmu, maka usahakanlah bangun sebelum terbitnya fajar. Dan yang pertama kali terucap oleh hati dan lisanmu adalah dzikir kepada Allah swt, dengan mengucap:

“Alhamdulillahil_ladzi ahyana ba’da ma amatana wa ilahin_nusyuur, ashbahna wa ashbahal_mulku lillahi wal_azhomatu was_sulthonu lillahi wal_’izzatu wal_qudrotu lillahi robbil_’alamiin, ashbahna ‘ala fithrotil_islami wa ‘ala kalimatil_ikhlashi wa ‘ala diini nabiyyina Muhammadin saw wa ‘ala millati abina Ibrahima haniifan musliman wa kana minal_musyrikiin, Allahumma bika ashbahna wa bika amsayna wa bika nahya wa bika namutu wa ilaikan_nusyuur, Allahumma inaa nas’aluka an tab’atsana fii hadzal_yaumi ila kulli khoirin wa na’udzu bika an najtariha fihi su’an aw najroha ila muslimin aw yajroha ahadun ilayna, nas’aluka khairo hadzal_yaumi wa khairo ma fihi, wa na’udzu bika min syarri hadzal_yaumi wa syarri ma fihi”.

Artinya: “Segala puji bagi Allah Dzat yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya semua makhluk dikumpulkan, berpagi hari kami dan semua kerajaan kepada Allah, keagungan dan kerajaan hanyalah milik Allah dan kemuliaan serta kekuasaan juga milik Allah Penguasa alam raya, kami berpagi hari menetapi agama Islam, dan menetapi kalimat tauhid, dan menetapi ajaran Nabi kami Muhammad saw, serta menetapi jejak bapak kami Ibrahim yang berada diatas kesucian dan keislaman dan bukanlah ia termasuk orang yang musyrik. Wahai Tuhan kami, kami berpagi hari dan untukMu kami bersore hari, untukMu kami hidup dan mati, dan kepadaMu semua makhluk dikumpulkan. Wahai Tuhan kami, kami memohon kepadaMu agar Engkau membangkitkan kami pada hari ini untuk menuju kepada setiap kebaikan, dan kami berlindung kepadaMu agar Engkau menghindarkan kami dari melakukan perbuatan keji/dosa pada hari ini, atau terhadap orang muslim, dan kami juga berlindung kepadaMu terhadap orang-orang yang akan melakukan perbuatan aniaya terhadap kami. Wahai Tuhan kami, kami memohon kebaikan hari ini dan segala kebaikan yang ada didalamnya, dan kami berlindung dari keburukan hari ini dan dari segala keburukan yang ada didalamnya”.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Apabila salah seorang dari kamu bangun dari tidurnya maka ucpkanlah “Alhamdu lillahil_ladzii rodda ‘ala ruhii wa ‘afanii fii jasadii wa adzanii bidzikrihi (Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruhku dan menyehatkan jasadku serta mengizinkan aku untuk berzikir/ingat kepadaNya”.

Dari Abu Hurairah r.a bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah salah seorang bangun dari tidurnya lalu mengucap “Alhamdulillahil_ladzi kholaqon_naumi wal_yaqzhoti, Alhamdulillahil_ladzi ba’atsanii saliman sawiyyan. Asyhadu annallaha yuhyil_mauta waHuwa ‘ala kulli syai’in qodiir (Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan tidur dan bangun, segala puji bagi Allah yang telah membangkitkan aku dengan selamat dan dalam keadaan tetap, aku bersaksi bahwasanya Allah yang menghidupkan yang mati, dan Dia atas segala sesuatu Maha Berkuasa” melainkan Allah swt berkata: “Benar hambaKu itu”.

Dari Siti ‘Aisyah r.ah bahwasanya Rasulullah saw apabila bangun pada waktu malam Beliau mengucapkan: “La ilaha illa anta subhanaka Allahumma astaghfiruka lidzanbii wa as’aluka rohmataka, Allahumma zidnii ‘ilman wala tuzigh qalbii ba’da idz hadaytanii wa Hab lii min landunka rohmatan, innaka antal_wahhaab. (Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, Maha Suci Engkau, Wahai Tuhan kami aku memohon ampun atas segala kesalahanku dan aku memohon rahmatMu, Wahai Tuhai kami tambahkanlah aku ilmu, dan janganlah Engkau palingkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan anugerahkanlah aku rahmat dari sisiMu, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Memberi Anugerah”.

(Bidayatul Hidayah)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s