Muqadimah

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIEM.





Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah yang menuntun kami kepada amal taat dan melarang dari maksiat, dan aku bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah, sebagai pengakuan terhadap kenabiannya. Kemudian shalawat dan salam atas Nabi yang diutus Allah untuk menuntun semua hamba (manusia), dan atas keluarga serta sahabatnya yang mengikuti petunjuk ajarannya.





Waba’du;





Maka ini kitab kutipan dari kitab Azzawajir dan Mursyiduth_Thalab karangan guru besar, pelita agama Ahmad bin Hajar Al-Haitami dan Kakek kami Zainuddin bin Ali Al-Ma’bari, semoga Allah ridha pada keduanya, dan menghimpun kami dalam rombongan keduanya, kemudian aku tambahkan didalamnya hadits-hadits dan soal-soal dalam ilmu fiqih serta hikayat dan nasehat-nasehat, Lalu aku beri nama Irsyadul Ibad ila sabilirrasyad (Penuntun manusia kejalan yang baik), sambil mengharap dari Allah Yang Maha Pemurah semoga memimpin kami dan semua manusia kejalan yang bahagia dan kekal, sungguh Dia Maha Pemurah lagi Pengasih.





Umar bin Khathab r.a berkata: Saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya tiap amal perbuatan itu tergantung pada niat. Dan yang teranggap bagi tiap orang apa yang ia niatkan. Maka siapa yang niat hijrah karena karena Allah, taat pada Allah dan RasulNya, maka hijrah itu benar-benar kepada Allah dan RasulNya, dan siapa yang niat hijrah untuk keuntungan dunia yang akan didapat, atau wanita yang akan dikawin maka hijrahnya terhenti pada apa yang ia hijrah karenanya”. [HR. Bukhari, muslim].





Mushanif Kitab Irsyadul Ibad; Terjemah H. Salim Bahreisy.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s