BAB IMAN

Firman Allah s.w.t: “Hai semua manusia sembahlah Tuhanmu, yang menjadikan kamu dan menjadikan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. Yang menjadikan untukmu bumi sebagai hamparan, dan langit sebagai atap dan menurunkan dari langit air, kemudian mengeluarkan dengan air itu berbagai macam buah (makanan) sebagai rizqi untukmu. Karena itu maka kamu jangan mempersekutukan Allah dengan apapun, padahal kamu mengetahui, (Bahwa Allah itu tidak bersekutu dan tidak berbandingan, sebab Dia pencipta sedang semua yang lainNya dicipta olehNya, sebab Tuhan itu hanya yang menjadikan, mencipta, dan bukan yang dijadikan, diciptakan)”.[QS. Al-Baqarah 21-22].





Firman Allah dilain ayat: “Dan siapa yang tidak percaya pada Allah dan Rasul (utusan)Nya maka Kami sediakan untuk orang-orang kafir itu neraka sa’ir (api yang sangat panas)”. [QS Al-Fath :13].



Umar bin Khathab r.a berkata : Ketika kami duduk disisi Nabi SAW pada suatu hari tiba-tiba datang seorang laki-laki yang sangat putih pakaiannya, sangat hitam rambutnya, tidak terlihat padanya bekas pepergian, dan tiada seorangpun diantara kami yang mengenalnya, hingga laki-laki itu duduk didekat Nabi SAW dan merapatkan lututnya ke lutut Nabi SAW lalu meletakkan kedua tangannya diatas paha Nabi SAW, lalu dia bertanya: “Ya Muhammad beritakan padaku tentang Islam ?”, Nabi SAW menjawab: “Islam itu:


  • 1. Percaya bahwa tiada Tuhan kecuali Allah, dan bahwa Nabi Muhammad utusan Allah.

  • 2. Mendirikan shalat.

  • 3. Mengeluarkan zakat.

  • 4. Puasa bulan Ramadhan.

  • 5. Pergi haji ke Baitullah jika kuasa perjalannya.

    Berkatalah orang itu: “Benar engkau”.

    



    Umar berkata: “Kami merasa heran ia bertanya tetapi ia membenarkan seakan-akan ia telah mengetahui”.

    



    Lalu ia bertanya pula: “Beritakan kepadaku tentang Iman ?”, Jawab Nabi SAW: “Iman ialah percaya pada Allah, dan malaikatNya, dan kitab-kitabNya, dan nabi-nabi utusanNya, dan hari kemudian (qiyamat), dan percaya pada ketentuan takdir yang baik dan buruk (dari Allah SWT)”….. Ia berkata: “Benar engkau”.

    



    “Maka beritakan padaku tentang Ihsan ?”, Jawab Nabi SAW: “Ihsan jika engkau menyembah kepada Allah seakan-akan melihatNya, maka jika tidak dapat melihatNya, ketahuilah bahwa Allah melihat engkau”.

    



    Ia berkata: “Beritakan padaku tentang datangnya hari qiyamat ?”, Jawab Nabi SAW: “Yang ditanya tentang hari qiyamat itu tidak lebih mengetahui dari yang bertanya”. Lalu ia berkata: “Beritakan padaku tanda-tandanya ?”, Jawab Nabi SAW: “Jika budak telah melahirkan majikannya (Yakni Ibu sudah dianggap sebagai budak oleh anak), dan orang-orang yang biasa telanjang kaki dan pakaian -yang bagaikan telanjang dan biasa miskin-, penggembala kambing, tiba-tiba mereka berlomba-lomba membangun gedung”. Kemudian laki-laki itu pergi.

    



    Umar berkata: Maka aku tinggal tercengang (terdiam sesaat), kemudian Nabi SAW berkata: “Hai Umar tahukah engkau siapakah penanya tadi itu ?”, jawabku: Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui. Maka sabda Nabi SAW: “Itu malaikat Jibril yang datang kepada kamu untuk mengajarkan agamamu”. [HR. Muslim].

    



    Attaj Assubuki berkata: Islam berupa ibadat jasmani, dan tidak dianggap kecuali dengan iman, sedang iman itu kepercayaan dalam hati, juga tidak dianggap kecuali disertai dengan ucapan lidah terhadap dua kalimat syahadat.

    



    Imam Nawawi dalam kitab syarah Muslim berkata: Ulama ahlussunnah telah sepakat, baik ahli hadits maupun ahli fiqih bahwa orang yang beriman dengan hatinya tetapi tidak mengucapkan syahadat dengan lidahnya (padahal ia mampu) akan kekal dalam neraka.

    



    1. No trackbacks yet.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s