Penting untuk diketahui!!

Ketahuilah !!! , bahwa disyaratkan bagi tiap orang kafir yang akan masuk islam harus mengucapkan dua kalimat syahadat, tetapi tidak diharuskan mengucap: Asyhadu, yang berarti cukup jika mengucap: La ilaha illallah Muhammadur rasulullah. Demikian penjelasan dalam kitab Arraudhah. Tetapi ulama muta’akhirin menyatakan bahwa kalimat itu menjadi syarat, sebagaimana keterangan dalam kitab Al-Ubab, sehingga tanpa kalimat Asyhadu atau A’lamu belum dapat dianggap sebagai muslim.





Adapun pendapat sebagian imam-imam kita, disyaratkan mengucap asyhadu atau kalimat yang menyerupai seperti a’lamu, sehingga bagi orang yang akan masuk islam supaya mengucap: Asyhadu an la ilaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah. Asyhadu artinya aku bersaksi, aku mengetahui dan aku jelaskan bahwa benar tiada Tuhan yang harus disembah dengan sebenarnya kecuali Allah, dan aku bersaksi serta menyatakan bahwa Nabi Muhammad utusan Allah. Juga disyaratkan supaya tertib antara dua kalimat ini, sebab tidak sah iman kepada Nabi SAW sebelum beriman pada Allah, dan tidak disyaratkan berturut-turut antara kedua kalimat atau berbahasa arab meskipun ia dapat berbahasa arab, tetapi yang disyaratkan yaitu mengerti apa yang diucapkan itu, bahwa tiada yang disembahnya dengan sebenarnya kecuali Allah, yang Tunggal dan Maha Esa.





Dan bagi orang musyrik disamping mengucap dua kalimat syahadat itu harus menambah dengan pernyataan: Dan aku telah kafir pada semua yang telah aku persekutukan itu, dan aku lepas bebas dari semua agama yang menyalahi agama islam. Demikian keterangan dalam kitab Arraudah dan kitab Al-Ubab, dan ada pendapat yang tidak mensyaratkan kata-kata tambahan itu, asal sudah bersyahadat sudah sah.





  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s